Pengertian
input device dan 23 contoh Perangkat Input Device
kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian input device dan 23 contoh perangkat input
Pengertian
input device
Input
device atau dalam bahasa Indonesia lebih sering disebut perangkat masukan
adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan data atau perintah kedalam
computer untuk diperoses
Input juga bisa diartikan sebagai sebuah perintah,
coba perhatikan contoh input dalam kehidupan sehari-hari ini :
Saya
menyuruh budi makan (input :perintah ) lalu budi makan (proses) setelah makan
budi menjadi kenyang(output : hasil)
Dari
contoh diatas kita menjadi lebih mudah mengartikan arti dari input device
Contoh input device :
1.
Keyboard
Keyboard
adalah perangkat yang memiliki banyak fungsi keyboard dapat berfungsi untuk memasukan huruf, angka,
karakter khusus(simbol), keyboard juga dapat digunakan untuk melakukan
perintah-perintah dasar , seperti
membuka file , memindahkan file, menyimpan file dan lain-lain.
2.
Mouse
Mouse
adalah perangkat yang berfungsi untuk
memindahkan pointer atau kursor secara
cepat. Mause juga dapat digunakan untuk
memberikan perintah dengan cara yang lebih praktis dan cepat dibandingkan jika
kita menggunakan keyboard.
3. Touchpad
Touchpad
adalah permukaan datar yang dapat mendeteksi kontak jari , Touchpad biasanya
terdapat pada laptop dan notebook yang
digunakan sebagai pengganti mouse.
4.
Trackball
trackball
adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola bertempat di soket yang
mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu, trackball
memiliki bentuk mirip dengan mouse yang menggunakan trackball pada bagian
bawahnya tapi dengan kondisi terbalik
5.
Pointing Stick
Pointing adalah inti tekanan kecil yang sensitif
digunakan seperti joystick. Hal ini biasanya ditemukan pada laptop yang tertanam antara huruf 'G', 'H', dan 'B'.
Ini beroperasi dengan merasakan gaya yang diberikan oleh pengguna.
6. Touch
Screen
touchscreen
adalah perangkat yang tertanam pada layar TV monitor, atau sistem LCD Monitor
layar dari laptop komputer. Pengguna dapat
berinteraksi dengan perangkat dengan cara menekan fisik item yang ditampilkan pada
layar, baik dengan jari-jari mereka atau beberapa dengan alat bantu.
7.
Card
reader
Card reader
adalah perangkat kecil yang terhubung ke port usb yang berguna untuk membaca
dan menulis data pada kartu media portable.
8.
Light
Pen
Light pen adalah
pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan
screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal
cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan
merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
9.
Joystick
joystick atau
dalam bahasa Indonesia bisa disebut tuas kontrol atau tongkat ria atau Tuas
Kendali adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke
segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi
ke komputer. Alat ini umumnya digunakan dalam permainan yang digunakan untuk memainkan permainan permainan.
10. Games Paddle
Games Paddle
adalah alat yang digunakan untuk
memainkan game/ permainan pada komputer.
11. Scanner
Scanner adalah
sebuah alat yang berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang
kemudian disimpan ke dalam memori komputer lalu dapat disimpan kedalam media
penyimpanan.
12. Mikrofon
Mikrofon adalah
perangkat yang berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara kedalam komputer
yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara kembali
dengan bantuan perangkat lain
13. Webcam dan kamera
digital
Webcam dan
kamera digital adalah alat yang berfungsi untuk memasukan data berupa gambar,
video dan suara kemudian data nya dapat disimpan didalam media penyimpanan.
14. Bar code reader
Barcode adalah
alat yang berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka.
15. Digitzer
Digitzer adalah
alat yang digunakan untuk mengubah data analog menjadi data digital
16. Pembaca Retina Mata
Scan retina adalah
alat yang menggunakan pola unik pada retina seseorang untuk mengidentifikasi
identitas mereka.
17. Pembaca Sidik Jari
Pengenalan sidik
jari atau otentikasi sidik jari adalah
salah satu dari banyak bentuk biometrik yang digunakan untuk mengidentifikasi
individu dan memverifikasi identitas mereka..
18. Graphics Pads
Graphics pads
adalah perangkat yang digunakan untuk menggambar objek yang akan ditampilkan
pada monitor.
19. Headset
Headset adalah
gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk
mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.
20. Glove
Sebuah sarung
kabel (kadang-kadang disebut "dataglove" atau "cyberglove")
adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk interaksi manusia-komputer
yang dikenakan seperti sarung tangan.
21. Sensor
Sensor adalah
perangkat yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik
atau kimia.
22. Radio Frequency Identification Device (RFID)
Radio-frekuensi
identifikasi (RFID) adalah penggunaan sistem non-kontak nirkabel yang
menggunakan frekuensi radio medan elektromagnetik untuk mentransfer data dari
tag yang melekat pada suatu objek, untuk tujuan identifikasi otomatis dan
pelacakan.
23. Automatic Speech Recognition (ASR)
Dalam ilmu komputer
Automatic Speech Recognition (SR) adalah terjemahan dari kata-kata yang
diucapkan menjadi teks.
Jadi itu lah
pengertian dan contoh perangkat input device beserta penjelasannya.bagi
kawan-kawan yang ingin menambahkan informasi yang lain atau ingin membenarkan
informasi silahkan ditulis di kolom komentar.
Komentar
Posting Komentar